Cara Klaim Asuransi Mobil

Mengikuti asuransi untuk kendaraan merupkan pilihan yang sangat tepat bagi anda pemilik motor maupun mobil karena banyak keuntungan yang akan anda peroleh. Tidak dipungkiri kecelakaan sangat rawan terjadi pada pengendara kendaraan terutama mobil, jika suatu saat hal itu terjadi dan kemudian kendaraan anda rusak, lecet atau bahkan hilang, bagi anda yang telah mengikuti asuransi kendaraan bisa langsung mengajukan klaim kepada pihak asuransi mobil. Tentunya sebagai pemilik mobil harus mengetahui cara klaim asuransi mobil yang benar agar anda dapat mendapatkan penggantian biaya perbaikan kendaraan yang rusak dari pihak asuransi.

Proses klaim asuransi mobil secara umum setelah terjadi kecelakaan pada kendaraan anda yaitu melapor klaim, menyiapkan dokumen klaim, survey dan analisa klaim, hasil analisa klaim lalu penggantian klaim. Untuk lebih jelasnya, berikut cara klaim asuransi mobil agar klaim disetujui oleh pihak asuransi:

1. Lapor pada pihak asuransi
Pelaporan kerugian pada umumnya maksimal 3×24 jam setelah mengalami kecelakaan kendaraan karena setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang berbeda, namun alangkah baiknya secepatnya hubungi pihak asuransi melalui telepon, sms atau bisa langsung mendatangi kantor asuransi terkait yang terdekat. Ceritakan kronologi kecelakaan sehingga menyebabkan kerusakan pada pihak asuransi. Lalu sebisa mungkin anda mengambil foto pada saat kecelakaan sebagai bukti pendukung.

2. Siapkan dokumen klaim
Jangan lupa untuk membawa dokumen yang dibutuhkan dalam proses pengajuan klaim mobil anda yang mengalami kecelakaan diantaranya formulir klaim yang telah diisi lengkap dan ditanda tangani, salinan SIM karena jika anda tidak memilikin surat ijin mengemudi klaim asuransi anda akan tertolak, salinan STNK yang masih berlaku, salinan KTP, salinan polis asuransi, surat keterangan dari kepolisian serta dokumen pendukung yang sesuai dengan produk asuransi yang anda ikuti.

3. Survey dan analisa klaim oleh pihak asuransi
Pihak asuransi akan melakukan survey untuk mengetahui kronologi kejadian secara jelas dan estimasi biaya yang diperlukan. Begitu pula dengan pihak bengkel yang telah bekerjasama akan memeriksa kerusakan yang kemudian pihak asuransi akan meyurvei ke bengkel.

4. Cara Klaim Asuransi yang ditentukan pihak asuransi
Pihak asuransi akan memberikan penilaian setelah menganalisa klaim asuransi yang anda ajukan. Pastikan isi dalam polis yang diberikan pihak asuransi dipahami semua, seperti wilayah pertanggungan, kerusakan murni kecelakaan bukan disengaja, kendaraan tertanggung tidak digunakan untuk tindak kejahatan dan ketentuan lainnya agar proses ajuan klaim anda tidak tertolak.

5. Penggantian Klaim

Setelah semua tahapan sesuai dengan prosedur yang berlaku, mobil telah diperbaiki, administrasi dengan bengkel telah diproses maka pihak asuransi akan melakukan penggantian klaim sesuai dengan produk asuransi kendaraan yang anda pilih dan jenis kerusakan yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *