Isi Ulang Freon Tanpa Jasa Service Kulkas

Isi Ulang Freon Tanpa Jasa Service Kulkas

Freon adalah zat yang paling di butuhkan untuk mendinginkan kulkas, yang mana zat tersebut bisa habis dalam kurun waktu yang cukup lama. Agar kulkas anda tetap bisa bekerja untuk mendinginkan makanan atau minuman tentunya anda harus mengisi ulang zat freon tersebut. Pada zaman yang serba canggih ini, teknologi sudah sangat umum di gunakan di masyarakat luas karena denga keberadaan alat elektronik yang canggih itu manusia dapat terbantu dan memudahkan pada setiap pekerjaanya, salah satunya adalah lemari pendingin atau kulkas. Dengan banyaknya konsumen kulkas ini, semakin banyak juga yang membuka layanan jasa service kulkas. Namun, sebelum anda menghubungi tukang service kulkas untuk mengisi ulang freon pada kulkas di rumah anda, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar isi ulang freon sendiri.

Untuk mengisi freon kulkas sangat dibutuhkan ketelitian yang tinggi karena pipa saluran freon pada kulkas ini lebih kecil daripada pipa alat elektronik pendingin lainnya, maka dari itu anda harus hati-hati agar kulkas anda tidak kurang dingin. Hal pertama adalah menyiapkan bahan yang diperlukan seperti freon R134a, tang ampere, mesin vakum, manifold gauge, mesin las tabung Hi-cook dan pentil untuk mengisi freon. Selanjutnya mulai pada tahapannya, meliputi:

1. Las pipa pendek pada kompresor
2. Pasang selang manifold warna biru pada pentil pengisian freon dan warna kuning ke tabung freon R134a
3. Jangan lupa hidupkan kompresor dalam tekanan dibawah 0 sampai -30psi dan memvakumnya terlebih dahulu.
4. Setelah semua selang terpasang kecuali selang warna merah lalu buka keran pada tabung freon sampai penuh.
5. Lalu, pasang tang ampere pada salh satu kabel yang terdapat pada kompresor yang menunjukan angka dibawah arus yang dapat anda lihat pada body kompresor. Misalnya pada 0,70A sebelum di isi freon sekitar 0,4A.
6. Pada tahap ini harus diperhatikan, sambil membuka keran minfold warna biru jangan sampai melebihi 10psi, sambil mengecek bagian body kulkas denga telapak tangan anda. Jika hangat berati freon telah masuk pada sistem dengan benar, jika panas hentikan pengisian dan periksa arus listirknya.
7. Cek tang ampere menunjukan angka yang sesuai dengan spesifikasi kulkas maka freon telah di isi dan tutup keran manifold bila tekanannya sudah maksimal sesuai aturan spesifikasi awal yaitu 10psi.
8. Matikan kulkas terlebih dahulu setelah mengisi freon pada kompresor agar mengetahui lancar atau tidaknya sistem freon. Jika menunjukan angka 45 sampai 100psi kulkas anda normal.
9. Hidupkan kulkas setelah 5-10 menit dan cek evaporator, jika dingin, jepit pipa pada pentil dan potong kemudian las sampai freon tidak keluar lagi.

Forney