Tutorial Menyalin Desain Film ke Kasa untuk Bikin Kaos Sablon

Tutorial Menyalin Desain Film ke Kasa untuk Bikin Kaos Sablon

Tutorial Menyalin Desain Film ke Kasa untuk Bikin Kaos Sablon – Berbeda dengan proses sablon digital printing yang bisa langsung melakukan pencetakan hasil desain sablon pada objek kertas dan kain/kaos melalui perintah komputer pada mesin printing, proses sablon manual harus melewati beberapa tahap persiapan sebelum mencetak hasil desain kaos.
Desain kaos pada proses sablon manual harus dibuat menjadi film (mencetak hasil desain kaos pada kertas putih atau kertas bening), lalu menempelkannya pada layar bingkai sablon (screen) dengan penyalinan desain sablon.

Bagi anda yang bermaksud akan bikin kaos sablon dengan teknik manual dan belum begitu faham bagaimana cara menyalin desain sablon di film ke layar di screen, berkiut ini adalah langkah-langkah menyalin desain film ke screen selengkapnya.
1. Screen yang sudah anda siapkan kemudian diberi lapisan emulsi (pada bagian luar screen) secara merata sampai lapisannya cukup tipis. Anda bisa menggunakan squeegee atau alat yang dipakai untuk menyebar tinta pada screen supaya lebih praktis dan mudah. Karena sifat emulsi yang mudah mengeras bila terpapar cahaya, sebaiknya lakukan pelapisan emulsi pada screen di ruangan minim cahaya. Dengan emulsi ini, screen yang telah tertutup stensil akan mencegah cat sablon merembes pada objek sablon dan hanya bagian desain sablonnya saja yang akan teraliri cat sablon.

2. Desain kaos dalam bentuk film yang sudah disiapkan kemudian ditempelkan pada screen bagian luar yang sudah dilapisi emulsi tadi. Letakkan film pada posisi yang sudah ditentukan dan lumuri dengan minyak serta rekatkan bagian tiap ujung film dengan slotip supaya tidak bergeser.

3. Siapkan meja kaca yang sudah disetting dengan memasangkan beberapa lampu terang di dalamnya, lalu nyalakan dan tunggu beberapa saat.
4. Letakkan bagian luar screen yang sudah dipasangi film tadi pada kaca meja berlampu terang dan tindih screen dengan benda yang cukup berat untuk menahannya. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Selain dengan cara ini, anda juga bisa menyalin film ke screen menggunakan cara klasik yaitu dengan menjemurnya di bawah terik matahari langsung.
5. Jika proses penyalinan desain di film ke screen sudah selesai, bersihkan screen dengan dibasuh air dingin serta disemprotkan air ke bagian yang terdapa desain kaos. Lakukan sampai outline samar terlihat jelas.
6. Terakhir, biarkan screen yang sudah disirami air tadi menjadi kering dan diamkan di ruangan minim cahaya.

Screen yang sudah memiliki desain kaos dari hasil penyalinan desain kaos film ke screen tadi bisa kemudian digunakan untuk proses sablon pada objek kertas, kain atau kaos polos seperti cotton combed dan polyester.

Untuk jenis cat yang bisa anda gunakan adalah cat sablon plastisol, yaitu cat yang terdapat campuran minyak sehingga cukup licin saat dituangkan pada screen dan digesut pada objek sablon. Gunakan alat pengering seperti shot gun untuk mempercepat pengeringan sablon pada kain atau kaos polos untuk menghidari kecacatan akibat tersentuh secara tidak sengaja.

Forney